Welcome
Museum Nasional Irlandia Seni & Sejarah Dekoratif

Museum Nasional Irlandia Seni & Sejarah Dekoratif

irishsoldier – Museum Seni dan Sejarah Dekoratif adalah rumah bagi berbagai objek yang meliputi persenjataan, furnitur, perak, keramik dan barang pecah belah, serta contoh kehidupan rakyat dan kostum. Pameran telah dirancang di galeri yang inovatif dan kontemporer. Fonthill Vase, vas porselen Cina yang dibuat sekitar tahun 1300 M, adalah salah satu bagian paling langka di museum. Ini terkenal di dunia sebagai salah satu potongan porselen awal yang terdokumentasi dengan baik.

Museum Nasional Irlandia Seni & Sejarah Dekoratif – Piala Emas William Smith O’ Brien, meja krom Eileen Grey dan Lord Chancellor’s Mace juga di antara yang menarik. Bangunan awal di Collins Barracks dimulai pada 1702 dan dirancang oleh Kapten Thomas Burgh. Kompleks, yang mencakup bangunan abad kedelapan belas dan kesembilan belas, menampung pasukan terus-menerus selama lebih dari tiga abad.Awalnya kompleks ini dikenal sebagai ‘The Barracks’, tetapi berubah pada awal abad kesembilan belas menjadi ‘Royal Barracks’.

Museum Nasional Irlandia Seni & Sejarah Dekoratif

Museum Nasional Irlandia Seni & Sejarah Dekoratif

Pada tahun 1922 seluruh kompleks diserahkan kepada pasukan tentara Negara Bebas dan segera dinamai Collins Barracks setelah Michael Collins, panglima pertama Negara Bebas Irlandia. Pada tahun 1994, Barak Collins ditugaskan ke Museum Nasional Irlandia. Bangunan-bangunan tersebut direnovasi total dan dipugar menjadi Museum Seni dan Sejarah Dekoratif, yang dibuka pada September 1997.

Tiga lantai galeri pameran dipugar di dua sayap alun-alun terbaik yang masih ada-Clarke Square. Lebih dari 2.500 meter persegi ruang dikhususkan untuk pameran pengantar, menguraikan sejarah kotak-kotak museum dan menampilkan beberapa koleksi utama yang lama tersembunyi dari pandangan publik. Hari ini,Collins Barracks adalah kantor pusat administrasi untuk empat cabang yang sekarang menjadi Museum Nasional Irlandia.

Sejak pameran tahap pertama dibuka secara resmi, galeri tambahan telah ditambahkan. Ini termasuk Sekolah Berkuda, yang menampung pameran sementara dan laboratorium konservasi mutakhir juga telah dibuka di sisi barat situs. Ketika bangunan besar tahap kedua selesai di Collins Barracks, itu akan menampung pameran sejarah tambahan dan galeri permanen untuk koleksi Etnografi dan Ilmu Bumi.

Museum Seni dan Sejarah Dekoratif adalah rumah bagi Divisi Seni dan Industri Museum Nasional Irlandia. Divisi ini bertanggung jawab atas lebih dari seperempat juta artefak yang mencerminkan ekonomi, sosial, industri, dan ekonomi Irlandia.sejarah politik dan militer selama tiga abad terakhir. Selain mengelola koleksi ini, staf juga merawat koleksi seni dekoratif Irlandia, Eropa, dan Oriental yang memberikan pemahaman tentang desain dan budaya internasional yang berkaitan dengan Irlandia.

Pernah menjadi barak militer terbesar di dunia, bangunan batu abu-abu neoklasik awal yang indah di tepi utara Liffey ini selesai dibangun pada tahun 1704 menurut desain Thomas Burgh (dia dari Perpustakaan Tua Trinity College). Sekarang menjadi rumah bagi koleksi Seni Dekoratif & Sejarah Museum Nasional Irlandia, dengan berbagai pameran permanen yang luar biasa mulai dari sejarah Kebangkitan Paskah 1916 hingga karya desainer ikonik Irlandia Eileen Gray (1878–1976).

Alun-alun pusat bangunan menampung enam resimen dan merupakan ruang yang benar-benar mengagumkan, dikelilingi oleh barisan tiang dan blok yang dihubungkan oleh jembatan berjalan. Setelah penyerahan kepada pemerintah Irlandia yang baru pada tahun 1922, barak-barak itu diganti namanya untuk menghormati Michael Collins, seorang pahlawan perjuangan kemerdekaan, yang terbunuh tahun itu dalam Perang Saudara; hingga hari ini sebagian besar warga Dublin menyebut museum itu sebagai Barak Collins.

Baca Juga : Museum Dunluce Castle di Irlandia Utara

Memang, mantel tentara yang dikenakan Collins pada hari kematiannya (masih ada lumpur di lengan bajunya) adalah bagian dari pameran Prajurit dan Kepala , yang mencakup sejarah tentara Irlandia di dalam dan luar negeri dari tahun 1550 hingga abad ke-21.

Pameran museum mencakup harta karun berupa artefak mulai dari perak, keramik, dan barang pecah belah hingga persenjataan, furnitur, dan pajangan kehidupan rakyat. Pameran Way We Wore yang memukau menampilkan pakaian dan perhiasan Irlandia dari 250 tahun terakhir.

Sebuah studi sosiokultural yang menarik, menyoroti simbolisme perhiasan dan pakaian dalam memberikan pesan duka, cinta dan identitas. Sekolah Berkuda tua adalah rumah bagi Proclaiming a Republic: The 1916 Rising, yang dibuka pada tahun 2016 sebagai versi yang disempurnakan dan diperbarui dari pameran lama yang didedikasikan untuk pemberontakan.

Layar tersebut mengeksplorasi latar belakang sosio-historis yang rumit dari Kebangkitan dan juga mencakup memorabilia mendalam seperti laporan langsung tentang kekerasan Black and Tans dan mogok makan pasca-Kebangkitan, dan sertifikat kematian tulisan tangan para tahanan Partai Republik dan kartu pos mereka dari Holloway penjara. Beberapa karya terbaik dikumpulkan dalam pameran Curator’s Choice , yang merupakan kumpulan dari 25 objek yang dipilih oleh kurator yang berbeda dan ditampilkan bersama dengan penjelasan mengapa mereka dipilih.