Welcome
Museum Dunluce Castle di Irlandia Utara

Museum Dunluce Castle di Irlandia Utara

Kastil Dunluce adalah museum di Portrush di Irlandia Utara.

irishsoldier – Kastil Dunluce (dari bahasa Irlandia: Dún Libhse)adalah kastil abad pertengahan yang sekarang sudah hancur di Irlandia Utara, tempat kedudukan Clan McDonnell. Itu terletak di tepi singkapan basal di County Antrim (antara Portballintrae dan Portrush), dan dapat diakses melalui jembatan yang menghubungkannya ke daratan. Kastil ini dikelilingi oleh jurang yang sangat curam di kedua sisinya, yang mungkin menjadi faktor penting bagi orang-orang Kristen dan Viking awal yang tertarik ke tempat ini di mana benteng Irlandia awal pernah berdiri.

Museum Dunluce Castle di Irlandia Utara

Museum Dunluce Castle di Irlandia Utara

Sejarah Kastil Dunluce

Asal-usul Kastil Dunluce berasal dari abad ke-13. Pada saat itu, Richard Og de Burgh memerintahkan pembangunan kastil versi pertama. Dibangun di tepi tebing, yang merupakan tempat strategis, peran bangunan itu untuk menjaga laut dan memantau setiap perahu yang mendekat. Kuat tetapi mendasar, namun sayangnya sangat rendah didokumentasikan, bangunan pertama mengalami banyak perubahan selama berabad-abad berikutnya.

Baru pada tahun 1513, ketika kastil melewati tangan keluarga McQuillan, Kastil Dunluce mulai terlihat seperti sekarang. Benteng ini diperkaya dengan dua menara besar, yang memungkinkan pemandangan 360 derajat ke sekeliling.

Keluarga McQuillans terus menduduki kastil hingga abad ke-16, tepatnya sampai mereka tergusur oleh klan McDonald dari Antrim dan Dunnyveg dari Skotlandia, setelah kalah dalam pertempuran yang menentukan melawan mereka. Kepala klan kemudian memutuskan untuk menjadikan Kastil Dunluce sebagai kediaman pribadinya dan meningkatkan benteng.

Pada kematian kepala pada tahun 1584, Inggris, di bawah komando Sorley Bob MacDonnell, merebut kastil, setelah itu mereka memutuskan untuk memperkuat lebih banyak lagi benteng. Dengan demikian, kastil secara bertahap berubah gaya hingga akhirnya mencakup fitur kastil khas Skotlandia. Pada tahun 1588, sebuah kapal bernama “The Girona”, milik “Armada Tak Terkalahkan”, tenggelam tepat di bawah tebing. Oleh karena itu diputuskan untuk menyelamatkan meriam dari bangkai kapal untuk mempersenjatai benteng. Sisa kargo dijual dan digunakan untuk membangun kembali kastil Dunluce.

Padahal, triknya terbukti tidak cukup setelahnya. Memang, pada tahun 1639, kastil terjebak dalam badai yang dramatis. Beberapa bagian dari benteng runtuh ke bawah tebing dan jatuh ke laut, menyebabkan banyak reruntuhan dan sisa-sisa, serta korban jiwa yang besar: Jumlah karyawan sehingga meninggal dalam runtuhnya bangunan. (Menurut legenda, satu-satunya yang selamat dari peristiwa itu adalah seorang anak dapur yang duduk di satu-satunya sudut dapur yang tidak runtuh saat terjadi).

Mengingat skala tragedinya, pemilik Dunluce memutuskan untuk meninggalkan tempat itu, mengingat daerah itu terlalu berbahaya untuk ditinggali. Sejak itu, Kastil Dunluce tetap kosong sepenuhnya, dan dibiarkan tergerogoti oleh efek waktu dan korosi. disebabkan oleh udara laut yang asin. Saat ini telah menjadi daerah yang sangat wisata menarik banyak orang dari seluruh dunia.

Baca Juga : The Hunt Museum di Irlandia

Kastil yang menakjubkan!

Kastil Dunluce terbuka untuk umum sepanjang tahun. Anda harus menyeberangi jembatan untuk sampai ke sana dan menemukan reruntuhan yang dengan berani melawan kerusakan waktu. Jendela ke masa lalu, kastil ini berdiri di antara harta terbesar warisan budaya dan sejarah Irlandia Utara.

Saat ini, beberapa benteng, beberapa menara dan ruangan lain masih berdiri. Anda dapat mengunjunginya dari dalam maupun dari luar untuk mengagumi arsitekturnya. Jangan lewatkan meriam yang ditempatkan di dalam dinding kastil : mereka berasal dari “The Girona”, sebuah kapal perang Spanyol yang tenggelam pada tahun 1588 di dekat pantai Irlandia.

Di bawah tebing berdiri sebuah gua, yang dulunya merupakan tempat persembunyian rahasia untuk kapal… Gua ini juga terbuka untuk dikunjungi dengan biaya tambahan. Harap dicatat bahwa kastil Dunluce menjadi tuan rumah penembakan kedua “Game of Thrones” (Anda mungkin mengenali benteng sebagai rumah Greyjoy).

Luangkan waktu untuk mengunjungi lingkungan sekitar (tidak kurang dari satu jam), mengingat keindahan kastil, pemandangan laut yang menakjubkan, dan sejarahnya yang akan menangkap imajinasi Anda.