Welcome

Kilmainham Gaol Dublin : Penjara & Museum Bersejarah Irlandia

Kilmainham Gaol Dublin : Penjara & Museum Bersejarah Irlandia – Kilmainham Gaol adalah penjara paling terkenal di Dublin. Banyak tokoh sejarah terkenal menemukan diri mereka di selnya ketika beroperasi.

Kilmainham Gaol Dublin : Penjara & Museum Bersejarah Irlandia

irishsoldier – Selama Kelaparan Besar, sel-sel sel isolasinya dipenuhi dengan tahanan. Kemudian, tidak lama sebelum ditutup, Kilmainham adalah tempat penahanan terakhir & tempat eksekusi bagi banyak pemimpin Kebangkitan Paskah 1916.

Melansir everybodyhatesatourist, Hari ini, Kilmainham Gaol & Museum Dublin telah direnovasi & menawarkan tur yang menceritakan kisah pentingnya tempat gelap ini dalam sejarah Irlandia.

Cara memesan tiket Penjara Kilmainham

Mengingat bahwa hanya mungkin untuk melihat Kilmainham Gaol melalui tur berpemandu, yang terbaik adalah memesan tiket sedini mungkin. Saya awalnya berencana pergi pada akhir pekan, tetapi sangat sedikit waktu yang tersedia. Sebaliknya, saya memesan ke depan untuk hari Senin. Anda juga dapat mengambil kesempatan Anda dan hanya muncul, karena beberapa tiket tur Kilmainham Gaol tersedia pada hari itu. Orang-orang di belakang saya di antrian masuk tidak memiliki masalah membeli tiket untuk tur berikutnya.

Baca juga : 12 Museum Sejarah Yang Harus Anda Kunjungi

Kilmainham Gaol terletak di sebelah barat pusat kota Dublin, melewati stasiun Heuston. Ini mudah diakses dengan transportasi umum, bus hop-on-hop-off , atau jika Anda berminat, itu adalah jalan yang bagus di sepanjang Sungai Liffey.

Tur Penjara Kilmainham

Tur Kilmainham Gaol dimulai di gedung pengadilan, yang dibuka antara tahun 1820 & 2008. Ada sedikit bagian pengantar sebelum tur yang sebenarnya dimulai, jadi pastikan Anda tiba di Kilmainham beberapa menit lebih awal untuk memeriksanya. Setelah intro, semua orang bertemu di ruang sidang untuk tur, yang berlanjut ke sel tahanan, dan kemudian tayangan slide pengantar 10 menit di kapel.

Setiap tur yang saya lakukan di Irlandia memiliki pemandu wisata yang merupakan pendongeng ulung, dan Mick, pemandu wisata Kilmainham Gaol kami tidak berbeda. Selama satu jam, dia membawa kami melewati lorong-lorong sempit & lantai yang tidak rata di Penjara Kilmainham, menghibur kami dengan cerita & sejarah.

Sejarah Penjara Kilmainham

Ketika Kilmainham Gaol dibuka pada tahun 1796, penjara itu sebenarnya dianggap sebagai salah satu penjara terbaik. Dengan cara itu, mirip dengan Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur di Philadelphia. Namun, melihat lebih dekat menunjukkan betapa “terbaik” adalah masalah perspektif & era.

Filosofi penjara berpusat di sekitar apa yang dikenal sebagai “The 3 S”: Kesendirian, pengawasan, dan keheningan. Ketika Kilmainham Gaol pertama kali dibuka, itu dimaksudkan untuk memasukkan tahanan ke sel isolasi. Tentu saja, seperti kebanyakan penjara, itu menjadi penuh sesak, biasanya berakhir dengan 3 atau 4 orang di dalam sel. Selama kerumunan terburuk dari Kelaparan Kentang Irlandia, hingga 5 hingga 7 orang menemukan diri mereka dalam satu sel.

Penjara Kilmainham biasanya menahan pencuri umum & tahanan politik, tetapi juga termasuk wanita & anak-anak berusia tujuh tahun. Beberapa tahanan ditahan di sini sebelum akhirnya diangkut ke Australia. Paling buruk dari Kelaparan Besar, beberapa melihatnya sebagai pilihan untuk melarikan diri dari kelaparan & mendapatkan makanan. Mick membawa sejarah ke masa kini dengan mengaitkan kisah-kisah ini dengan situasi sosial & penjara saat ini. Seperti halnya hari ini, jumlah yang tidak proporsional dari mereka yang ditahan di penjara adalah orang miskin. Itu adalah pengingat yang baik bahwa ini bukan hanya masa lalu; masih ada orang yang menghadapi ketidakadilan hari ini.

Meskipun merupakan salah satu penjara “terbaik”, kondisi di Kilmainham sangat buruk. Pada pertengahan 1800-an, lampu gas baru dipasang. Ini akhirnya memberi tahanan keracunan karbon monoksida. Tifus, yang dikenal sebagai “demam penjara,” juga menjadi perhatian konstan.

Daftar tahanan terkenal di Kilmainham Gaol berisi banyak nama terkenal dari sejarah Irlandia & perjuangan kemerdekaan, termasuk Charles Stewart Parnell, Robert Emmet, Tom Clarke, Patrick Pearse, James Connolly, amon de Valera, dan Countess Markievicz, serta lima orang yang bertanggung jawab atas Pembunuhan Taman Phoenix.

Sel Untuk Tahanan Terkutuk

Ada satu sel di Penjara Kilmainham yang jauh lebih bagus daripada yang lain. Namun, ini bukan ruang yang didambakan. Dikenal sebagai “Sel Untuk Tahanan Terkutuk,” penghuninya hanya akan menghabiskan satu malam di sini, malam terakhir hidup mereka sebelum dieksekusi di depan umum.

Salah satu tahanan terhukum yang paling terkenal di Kilmainham adalah Robert Emmet. Pada tahun 1803, Emmet memimpin pemberontakan yang gagal melawan Inggris. Pada hukumannya, ia menyampaikan salah satu pidato paling terkenal dalam sejarah Irlandia, ” Pidato Dari Dermaga “. Robert Emmet dieksekusi keesokan harinya.

Tuangkan sendiri wiski Irlandia & tenggelamkan diri Anda dalam sejarah & gairah Irlandia saat Anda mendengarkan pembacaan “Speech From The Dock”, yang telah dihafal oleh banyak orator, dari nasionalis Irlandia hingga Abraham Lincoln.

Aula Utama Kilmainham Gaol

Aula Utama Penjara Kilmainham adalah bagian terbesar dari kompleks. Pada tahun 1924, penjara ditutup dan menjadi rusak, tetapi kemudian dipulihkan selama tahun 1960-an & 1970-an. Tidak lagi digunakan untuk tahanan, sekarang terkenal sebagai lokasi syuting untuk beberapa film & video musik.

Beberapa film & acara TV yang difilmkan di Kilmainham Gaol termasuk “The Italian Job”, “In the Name of the Father”, “The Babe”, “Michael Collins”, dan “Paddington 2”. Setelah mengunjungi Aula Utama, tur menuju ke luar ke halaman penjara.

Kilmainham & Kebangkitan Paskah 1916

Penjara Kilmainham mendekati akhir hidupnya sebagai penjara sama seperti Irlandia menjadi negara bebas. Setelah Kebangkitan 1916, empat belas pemimpin pemberontakan dieksekusi di halaman penjara Kilmainham Gaol. Ketika setiap eksekusi terjadi di dalam tembok batu yang tinggi ini, kemarahan tumbuh di populasi Irlandia yang sebelumnya belum siap untuk memperjuangkan kemerdekaan. Satu eksekusi sangat kontroversial.

James Connolly terluka parah akibat pertempuran & ditahan di sebuah rumah sakit di Kastil Dublin, bukan di penjara biasa. Dokter percaya bahwa dia mungkin hanya memiliki beberapa hari untuk hidup. Tidak dapat berdiri seperti orang lain yang telah dieksekusi, dia diikat ke kursi & ditembak. Sebuah salib hitam berdiri di sudut gelap tempat James Connolly terbunuh.

Seluruh tur Penjara Kilmainham mengarah ke bab tragis terakhir ini. Melihat fasilitas & mendengar cerita cukup mengharukan, tetapi berdiri di Stonebreaker’s Yard ini, finalitas tempat seperti itu terbukti.

Museum Penjara Kilmainham

Setelah tur Kilmainham Gaol, ada museum informatif yang dapat Anda lalui sesuai keinginan Anda. Museum ini memiliki detail lebih lanjut tentang Kebangkitan Paskah & acara nasionalis Irlandia lainnya, termasuk salinan proklamasi asli. Seiring dengan sejarah Kebangkitan, ada juga pameran tentang pemberontakan, pemberontakan, dan kelompok politik sebelumnya. Ada juga bagian yang merinci restorasi Kilmainham, termasuk foto-foto lama.

Bagian terakhir dari Kilmainham Gaol Museum adalah pameran khusus yang disebut “Hunger Strike Ireland: 1877-1981,” yang menceritakan sejarah mogok makan. Di antara kisah-kisah ini adalah Thomas Ashe, seorang penyerang kelaparan yang dipaksa makan & meninggal pada 25 September 1917. Saya mengunjungi Kilmainham pada 25 September 2017, tepat 100 tahun setelah hari kematiannya.

Baca juga : Mengenal Fire Museum San Antonio

Kilmainham Gaol adalah museum sejarah sosial. Ini adalah pengalaman yang informatif & mengharukan. Kisah-kisah yang diceritakan oleh pemandu wisata menghidupkan sejarah Irlandia sambil juga memasukkan gagasan bahwa penjara & kondisi masyarakat masih memiliki ruang untuk perbaikan di zaman modern. Jika Anda tertarik dengan lebih banyak sejarah Dublin, saya juga merekomendasikan untuk mengunjungi Little Museum of Dublin & Glasnevin Cemetery .