Welcome

Museum Sejarah Baru di Kota Waterford, Irlandia 

Museum Sejarah Baru di Kota Waterford, Irlandia – Bukannya kami membutuhkan alasan untuk naik ke motor untuk perjalanan sehari penuh, mengikuti kekekalan penguncian dan pembatasan nasional, tetapi saat mendengar pembukaan Museum Waktu Irlandia yang baru di kota Waterford yang semarak, The Watch Pers keluar dari pintu saat fajar menyingsing dan pergi ke jalan sejauh lima ratus mil perjalanan pulang pergi, dan itu akan menjadi hari yang tak terlupakan.

Museum Sejarah Baru di Kota Waterford, Irlandia

irishsoldier – Bahkan di sini, di Irlandia, bukanlah fakta yang umum diketahui bahwa pada akhir abad ketujuh belas, ada rencana untuk mendirikan koloni pembuat jam Swiss di kota kecil pesisir Irlandia Passage, dekat Waterford, di tenggara negara.

Proyek ini dirancang untuk memasang komune sekitar 1.000 pengrajin, banyak dari mereka terlibat dalam pembuatan jam dan yang, yang telah dibatalkan dalam Revolusi Jenewa singkat tahun 1782 dalam upaya mereka untuk perwakilan di kemapanan politik, telah menjadi terasing di tempat asal mereka, dan lelah hidup di bawah penguasa Prancis dan Bernese mereka, di antara penduduk lokal, dengan harapan bahwa dengan keyakinan agama yang teguh dan etos kerja yang kuat, mereka dapat memulihkan sedikit ketertiban dan kesopanan. antara penduduk asli yang sulit diatur dan gelisah.

Namun pada akhirnya, meskipun beberapa orang Swiss benar-benar berhasil sejauh ini, transplantasi bakat Jenewa Baru tidak pernah memegang teguh, dan seiring dengan kematiannya pergilah kesempatan bagi Irlandia untuk membangun tempatnya sebagai pusat kreatif horlogerie kelas atas. Itu terjadi sangat dekat sehingga apa yang akan menjadi perkemahan terkenal yang disebut Barak Jenewa dibangun untuk tujuan itu.

Baca Juga : Museum Seni Modern Irlandia

Namun, terlepas dari plakat dinding suram yang berfungsi sebagai pengingat warisan situs yang lebih gelap sebagai penjara yang ditakuti karena rezim brutal dan kondisinya yang tidak manusiawi, hingga hari ini semua yang tersisa dari apa yang mungkin menjadi Jenewa Baru hanyalah catatan kaki lain dalam sejarah sejarah Irlandia.

Kami katakan sampai hari ini, karena sampai sekarang, dan hanya beberapa kilometer dari situs Jenewa Baru, untuk pertama kalinya Irlandia memiliki pajangan sendiri yang didedikasikan untuk sejarah, ilmu pengetahuan, keindahan, dan keahlian menceritakan waktu. Kota terdekat Waterford adalah rumah bagi Museum Waktu Irlandia, dan dengan kunjungan kami yang diatur hanya beberapa hari setelah pembukaannya, kami dapat melaporkan bahwa tidak hanya itu pengalaman yang brilian dan tak terlupakan bagi kami, itu benar-benar tujuan yang tidak dapat dilewatkan untuk siapa pun dengan begitu banyak minat yang lewat dalam pertukangan arloji.

Dalam suasana indah dari gereja yang dipugar dengan indah, hanya sepelemparan batu dari pusat kota, Museum Waktu Irlandia membuka pintunya untuk pertama kalinya pada Juni 2021. Ini adalah atraksi yang indah, berwawasan dan mendidik, dan bagi mereka yang telah bekerja tanpa lelah untuk mewujudkan semuanya, suatu prestasi yang mereka semua dapat sepenuhnya dibenarkan dalam merasakan rasa bangga yang besar.

Enam tahun dalam pembuatan, dan akhirnya tertunda berkat penguncian covid di mana-mana, museum ini memang proyek yang mengesankan, dan tenaga kerja cinta sejati. Ini adalah inisiatif yang telah didorong maju baik oleh energi dan dedikasi dari tim orang-orang yang bersemangat, dan juga melalui dukungan utama dari dermawan swasta utama pameran, yang di antara mereka telah mengumpulkan koleksi pameran yang luar biasa, yang didistribusikan di seluruh dua lantai gedung, dengan sumber daya tambahan datang melalui Waterford City & County Council.

Sebagai kurator dan Direktur Museum Harta Karun Waterford, Eamonn McEneaney adalah orang yang sangat sadar akan pentingnya waktu. Paginya dipenuhi dengan panggilan telepon dan interupsi seperti orang-orang pemeliharaan di tempat yang menginginkan “menit kecil”, namun ia berhasil membawa kami dalam tur pagi yang terengah-engah di empat dari lima museum yang membentuk Waterford Treasures, yang terletak hampir berdekatan satu sama lain di kota Segitiga Viking.

Didukung oleh tim yang berpengetahuan dan ramah di kompleks museum, Eamonn adalah penjaga sejati warisan sejarah kota, dan seorang visioner yang harus berdiri melawan tembok birokrasi yang terkadang tampak tak tergoyahkan, dalam usahanya untuk mengkurasi beberapa dari Irlandia yang paling artefak dan dokumen sejarah yang signifikan, dan simpan di dalam pulau ini dan dipajang kepada orang-orangnya.

Antusiasmenya menular, dan di setiap kesempatan dia mengingatkan kita akan kontribusi besar para dermawan David Boles, Colman Curran, dan Elizabeth Clooney, yang dengan murah hati memberikan sumbangan arloji dari segala bentuk dan ukuran yang menghidupkan konsep Museum Waktu Irlandia. Dia ingat melihat Tuan Boles dan Tuan Curran duduk bersama mendiskusikan manfaat dan lokasi yang cocok untuk masing-masing bagian dalam gedung berlantai dua itu. Tampaknya meskipun benar-benar memiliki arloji bersejarah yang indah ini, tidak setiap contoh memenuhi kriteria yang tepat dan beberapa dinyatakan tidak “cukup baik” untuk museum.

Waterford sebenarnya adalah kota tertua di Irlandia, dan Museum Waktu Irlandia membentuk satu untaian dari kuintet museum mandiri yang spektakuler di area yang dikenal sebagai Segitiga Viking. Tagline “1000 tahun dalam 1000 langkah” tidak berlebihan. Dengan lebih dari 600 item yang diatur di dua lantai di dalam bekas gereja Metodis neo-Gotik yang dibangun pada tahun 1880-an, pasti tidak ada lokasi yang lebih baik atau lebih cocok untuk memajang koleksi horologis yang menelusuri hubungan Irlandia dengan ketepatan waktu dan keterhubungan dengan pembuatan jam dan jam selama berabad-abad.

Di antara pajangan, adalah cara kerja mekanis jam menara tanpa wajah, yang menandai jam dengan bunyi lonceng mereka, menentukan waktu hari kerja bagi mereka yang berada di ladang yang jauh, atau mungkin bagi mereka, yang karena buta huruf, tangan, dan angka akan memiliki tidak berarti apa-apa. Seseorang juga dapat menyaksikan evolusi pembuatan jam tahap demi tahap bahan yang berubah, misalnya bagaimana kenari asli memberi jalan kepada mahoni untuk kasus-kasus, karena masalah pasokan dan keuntungan pajak impor memungkinkan sumber kayu dari lokasi eksotis.

Ada gaya yang berbeda tentu saja, karena potongan yang lebih besar yang dirancang untuk Rumah Besar Irlandia digantikan oleh contoh yang lebih kecil untuk rumah kota; dan dial, dengan kuningan diganti dengan dial yang dicat, sehingga meningkatkan keterbacaan di lorong yang gelap. Dan kegemaran pembuat jam Irlandia untuk proporsi 13 yang murah hati.Dial 5 inci tidak luput dari perhatian. Bagi mereka yang mungkin telah merenungkan apa yang mungkin terjadi jika konsep Jenewa Baru direalisasikan, ada cukup banyak karya buatan Irlandia yang dipamerkan dari era itu seperti, tetapi tidak terbatas pada, John Donegan dari Dublin dan McCabes di Utara, untuk menyadari bahwa sebenarnya, saat itu, Irlandia telah memiliki industri pembuatan jam dan jam yang berkembang pesat.

Bahwa begitu banyak jam tangan penting Irlandia dan dokumen terkait yang bertahan utuh, mengingat periode penuh gejolak dalam sejarah kita sangat mencengangkan, tetapi mereka bertahan, dan tim di museum telah meletakkannya dengan perhatian yang sangat cermat terhadap detail yang diberikan kepada mereka. pengaturan seperti yang dikhususkan untuk penciptaan mereka.

Di lantai dasar, seorang pembuat jam virtual menyambut pengunjung dari studionya, sambil dikelilingi oleh kumpulan alat perdagangan yang otentik. Sekilas, Anda dapat melihat betapa sedikit yang berubah dalam beberapa ratus tahun terakhir, ketika kita membandingkan ruang kerjanya dengan orang-orang seperti Vianney Halter dan rekan-rekannya. Di sini, Anda juga akan menemukan sebagian besar pencatat waktu buatan Irlandia, dan beberapa yang tertua di dunia pada saat itu, termasuk cara kerja jam menara yang sangat besar serta braket yang sangat elegan dan contoh kasus panjang.

Di lantai atas, di bawah atap palu-balok yang menakjubkan, koleksi dibuka untuk menyertakan pajangan dari seluruh dunia, dan juga pameran kronometer laut khusus dan pilihan jam tangan kereta api. Di bagian belakang, diletakkan di atas komidi putar, kelompok potongan-potongan berselubung panjang berputar perlahan dengan gravitasi yang berbeda, di atas alas di bawah jendela kaca patri yang megah.

Menggabungkan teknologi lama dengan tampilan interaktif baru mengungkapkan informasi lebih lanjut. Catatan khusus, tampilan jam saku yang berisi potongan-potongan dari setiap sudut Irlandia memungkinkan pengunjung untuk mempelajari dan secara bersamaan menyorot pada papan cerita yang diproyeksikan arloji yang dibuat di kota atau daerah mereka sendiri di pulau Irlandia. Di dalam pendongeng berselubung kaca ini, penjaga museum telah menyediakan metode yang cerdik untuk menginspirasi para pengunjung untuk menggali lebih jauh sejarah horologi lokal mereka sendiri ketika kunjungan mereka telah berakhir. Lagi pula, setelah menemukan jam tangan yang dibuat dekat dengan tempat kelahiran mereka, siapa pun yang memiliki setetes darah Irlandia di pembuluh darah mereka pasti akan tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Dan, di sinilah letak pentingnya museum khusus ini. Tempat Irlandia dalam arloji dan pembuatan jam sebagian besar telah dilupakan. Institut Horologi Swiss Irlandia adalah kenangan yang jauh, meskipun dalam saudara John dan Stephen McGonigle, dan di Belfast Stephen McDonnell, kami memiliki harta nasional kami sendiri dalam pembuatan jam independen kontemporer. Namun pameran permanen ini menjadi pengingat bahwa jika tidak hati-hati, kerajinan tangan pembuat jam mekanik di pulau ini bisa punah. Tidak diragukan lagi, Museum Waktu Irlandia adalah rumah bagi koleksi arloji dan artefak yang signifikan secara historis, contoh kecil yang dapat dilihat di bawah, yang cukup layak untuk artikel mereka sendiri di situs ini, tetapi ada harapan juga bahwa itu mungkin juga menandai awal dari sebuah era baru.

Mungkin saat membaca dengan teliti koleksinya, pengunjung yang lebih tua mungkin merasakan tarikan nostalgia hari-hari yang telah berlalu, ketika setiap kota memiliki pembuat jamnya sendiri, dan rasa bangga akan apa yang telah dibuat di sini di masa lalu. Dan selalu ada janji bahwa mungkin saja, di antara hidung kecil yang akan menempel pada kotak kaca, beberapa mata muda yang melihat keajaiban mekanis kecil ini akan merasakan tarikan dari jenis yang berbeda, karena rasa ingin tahu alami mereka merangsang rasa ingin tahu. tentang apa yang membuat karya-karya tua yang indah ini bekerja, dan menggerakkan mereka untuk mengambil alih dan melatih keterampilan multi-aspek pembuatan jam dan arloji modern untuk diri mereka sendiri.

Daya tarik dua bagian di dua bangunan paling penting di Waterford

Daya tarik unik ini meliputi seluruh pulau Irlandia dengan penekanan pada Timur Kuno Irlandia .

Bagian I di Greyfriars akan mengeksplorasi ilmu waktu dan kisah lima ribu tahun tentang bagaimana berlalunya waktu ditandai dan dicatat di Irlandia dan bagaimana ia membentuk dan membentuk lanskap Irlandia.

Bagian II di Almshouse mengeksplorasi bagaimana tradisi, ritual, dan takhayul dari Irish Wake membentuk dan membentuk lanskap Irlandia dan jiwa orang-orang Irlandia.

Donasi Murah Hati

Diaktifkan oleh sumbangan koleksi luar biasa dari jam dan jam tangan Irlandia berkualitas museum, Museum Sains dan Kisah Waktu Irlandia yang baru akan mengeksplorasi kisah dan ilmu waktu untuk semua kelompok umur di dua bangunan bersejarah yang luar biasa menggunakan negara yang spektakuler- teknologi 3D mutakhir.
Tidak seperti kebanyakan negara barat modern, Irlandia tidak memiliki Museum Sains dan Kisah Waktu. Sekarang tepat untuk mempertimbangkan museum semacam itu, yang secara unik didedikasikan untuk kisah ketepatan waktu di Irlandia dan dunia yang lebih luas – masa lalu, sekarang dan masa depan.

Koleksi

Museum Sains dan Kisah Waktu Irlandia sekarang dapat diwujudkan berkat hadiah yang luar biasa murah hati untuk Waterford Treasures – Tiga Museum di Segitiga Viking oleh Colman Curran dan istrinya Elizabeth Clooney yang telah menghabiskan tiga puluh tahun mengumpulkan potongan waktu Irlandia berkualitas museum dibuat oleh pembuat jam dan jam tangan di seluruh pulau Irlandia. Koleksi unik terdiri dari sekitar tiga puluh jam kakek atau jam kotak panjang, lebih dari 30 braket penting dan jam dinding, 30 jam saku dan beberapa ephemera yang menarik – semuanya Irlandia! Koleksinya mewakili evolusi arloji Irlandia. Ini adalah jendela ke dalam sejarah teknis, ilmiah, sosial, ekonomi, dan politik dan seni dan kerajinan Irlandia, khususnya di Timur Kuno Irlandia. dari akhir abad ke-17 hingga akhir abad ke-19.

Tips untuk Mengunjungi

Rencanakan ke depan: gunakan informasi ini untuk membantu Anda merencanakan perjalanan Anda sebelumnya.

Waktu

Tur yang dipimpin oleh re-enactor kami yang dipandu membutuhkan waktu 45 menit. Namun Anda dipersilakan untuk menjelajahi museum setelah tur. Jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk melihat semuanya, Anda dipersilakan untuk kembali lagi di lain hari – tanpa biaya tambahan!

Kebijakan Fotografi

Kamera genggam dapat digunakan di museum. Namun penggunaan flash, kamera video, tripod, dan peralatan digital lainnya tidak diizinkan.

Foto-foto yang diambil di museum hanya dapat digunakan untuk penggunaan pribadi. Penggunaan komersial dalam bentuk apa pun tidak diizinkan. Namun, jangan ragu untuk menggunakan foto yang diambil di museum di Facebook atau platform media sosial lainnya!

Untuk izin terkait pembuatan film, silakan hubungi secara tertulis Eamonn McEneaney, Direktur Museum, Waterford Treasures, Museum Abad Pertengahan, Cathedral Square, Viking Triangle, Waterford X91 K10E .