Welcome

Museum Nasional Irlandia

Museum Nasional Irlandia – The National Museum of Ireland ( Irlandia : Ard-Mhúsaem na hÉireann ) adalah museum nasional di Irlandia dengan penekanan kuat pada nasional dan beberapa arkeologi internasional, sejarah Irlandia, seni Irlandia , budaya, dan sejarah alam.

Museum Nasional Irlandia

irishsoldier – Ini memiliki tiga cabang di Dublin , museum arkeologi dan sejarah alam yang berdekatan di Merrion Square dan Kildare Street, dan lokasi yang lebih baru di bekas Collins Barracks, dan satu di County Mayo yang berkaitan dengan kehidupan pedesaan.

Melansir wikipedia, Museum Nasional Irlandia berasal dari penggabungan bagian dari koleksi sejumlah lembaga budaya Dublin dari abad ke-18 dan ke-19, termasuk Royal Dublin Society (RDS) dan Royal Irish Academy (RIA).

Baca juga : Museum Senapan Royal Ulster di Belfast, Irlandia Utara

Bagian paling awal dari koleksi sebagian besar adalah spesimen geologi dan mineralogi, yang dikumpulkan RDS sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan penggunaan sumber daya tersebut di Irlandia. Pendirian koleksi museum umumnya dianggap dengan pembelian koleksi Nathaniel Gottfried Leske pada tahun 1792.

Salah satu iterasi paling awal dari museum RDS adalah di Hawkins Street House, di mana Kabinet Leskean ditampilkan bersama dengan koleksi gips dan patung. Pameran ini terbuka untuk umum antara siang dan jam 3 sore, pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Selain pameran ada ruang kuliah, laboratorium dan perpustakaan. Dari sini, museum pindah ke Leinster House pada tahun 1815 ketika RDS membelinya dari Yang Mulia Duke of Leinster ke-3. Di sini Kabinet Leskean terus dipajang, bersama dengan koleksi baru dari profesor mineralogi dan geologi, Charles Lewis Giescke, keingintahuan, dan Hibernicum yang merupakan pajangan mineral dan spesimen geologis dari pulau Irlandia.

Giescke yang pertama kali menyebut museum itu sebagai “Museum Nasional Irlandia” pada tahun 1832 dalam katalog spesimen entomologi dan ornitologinya . Setelah kematian Giescke pada tahun 1833, John Scouler diangkat sebagai kurator pada tahun 1834. Selama waktu ini, koleksi dibuka untuk umum dua hari seminggu dari siang hingga jam 3 sore, dan untuk siswa setiap saat.

Pada saat ini kebutuhan akan museum baru dianggap sangat penting. Hal ini menyebabkan pembangunan gedung yang sekarang menjadi Museum Sejarah Alam di Jalan Merrion. Dengan rencana perluasan dan pengembangan museum, Scouler meminta agar seorang kurator atau Direktur dipekerjakan oleh RDS. Hal ini menyebabkan penunjukan Alexander Cartepada tahun 1851. Carte merombak dan mengatur ulang koleksi, mengawasi akuisisi dari Sir Francis McClintock, Sir William Wilde, dan Sir Richard Griffith.

Museum mengambil bagian dalam Pameran Internasional Seni-Industri tahun 1853 memamerkan benda-benda di Hall of Antiquities bersama dengan RIA. Setelah ini museum dibuka lima hari seminggu untuk umum. Museum Sains dan Seni didirikan pada tahun 1877, menjadi Museum Sains dan Seni Nasional pada tahun 1900, dan Museum Nasional Irlandia setelah kemerdekaan. Ini juga termasuk koleksi Museum Industri Irlandia, didirikan pada tahun 1847.

Koleksi RIA dan RDS menjadi dasar bagi bagian Arkeologi dan Sejarah Museum di Jalan Kildare. Ini adalah situs asli yang dibuka pada tahun 1890 sebagai Museum Sains dan Seni Dublin di gedung yang dirancang oleh Sir Thomas Newenham Deane dan putranya, Thomas Manly Deane. Sampai tahun 1922, kompleks museum juga termasuk Leinster House , sekarang rumah Oireachtas.

Museum diawasi oleh Dewan Direksi, dua di antaranya dinominasikan oleh Royal Irish Academy dan satu oleh Royal Dublin Society , yang keduanya telah memberikan kontribusi signifikan bagi institusi; selebihnya diangkat oleh menteri terkait.

Baca juga : Mengenal Museum Alat Berat

Secara operasional dipimpin oleh seorang Direktur, yang di bawahnya adalah Kepala Pengumpulan dan Pembelajaran dan Kepala Operasional . Pelaporan kepada Kabag Koleksi dan Pembelajaran adalah Penjaga Purbakala, Seni & Industri, Sejarah Alam, dan Kehidupan Rakyat, Panitera, dan Kabid Konservasi, Pendidikan, Desain dan Fotografi. Dalam Operasi adalah Kepala Fasilitas, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Urusan Korporat, Pemasaran, Pengembangan Komersial dan ICT.