Welcome

Museum Nasional Irlandia : Arkeologi

Museum Nasional Irlandia : Arkeologi – The National Museum of Ireland – Archaeology sering dikenal sebagai “NMI” adalah cabang dari Museum Nasional Irlandia yang terletak di Kildare Jalan di Dublin, Irlandia, yang mengkhususkan diri dalam Irlandia dan lainnya barang antik yang berasal dari Zaman Batu hingga Abad Pertengahan Akhir.

Museum Nasional Irlandia : Arkeologi

irishsoldier – Museum ini didirikan berdasarkan Science and Art Museum Act tahun 1877. Sebelumnya, koleksinya telah dibagi antara Royal Dublin Society dan Natural History Museum di Merrion Street. Museum ini dibangun di Kildare Street, oleh ayah dan anak arsitek Thomas Newenham Deane dan Thomas Manly Deane.

Melansir wikipedia, NMI menyimpan sejumlah benda dari Irlandia prasejarah, termasuk Bog bodies dan artefak Zaman Besi dan Perunggu, seperti kepala kapak, pedang dan perisai dari perunggu, perak dan emas, dengan tanggal paling awal sekitar c. 7000 SM. Ini memegang koleksi paling besar di dunia pasca-Romawi era seni abad pertengahan Irlandia (dikenal sebagai seni Insular ). Selain itu, ia menampung banyak koleksi logam abad pertengahan, artefak Viking, dan benda-benda klasik dari Mesir Kuno, Siprus, dan dunia Romawi.

Baca juga : Museum Nasional Irlandia : Country Life

Sejarah

Banyak dari potongan-potongan ini ditemukan pada abad ke-19 oleh petani atau buruh tani, ketika ekspansi populasi menyebabkan penanaman tanah yang belum tersentuh sejak Abad Pertengahan. Hanya campur tangan George Petrie dari Royal Irish Academy, dan orang-orang yang berpikiran sama dari Royal Society of Antiquaries of Ireland, mencegah logam dilebur demi nilai intrinsik bahannya. Orang Irlandia kontemporer lebih menyesuaikan dengan warisan mereka, seperti yang dapat dilihat pada contoh dari Irish Bog Psalter, yang ditemukan dan dilaporkan oleh operator mesin pada bulan Juli 2006.

Koleksi

Museum ini memiliki sejumlah pameran permanen besar, terutama benda-benda bersejarah Irlandia dan juga beberapa pameran kecil di Mediterania kuno. Ada juga galeri tentang “Mesir Kuno”, dan “Keramik dan Kaca dari Siprus Kuno”.

Prasejarah

Bagian Irlandia prasejarah berisi artefak dari periode paling awal tempat tinggal manusia di Irlandia (tepat setelah Zaman Es Terakhir ) hingga Zaman Besi Celtic. Ada banyak peralatan batu yang dibuat oleh kolonis pemburu-pengumpul pertama dimulai sekitar 7000 SM, kemudian beralih ke peralatan, tembikar, dan objek pemakaman para petani Neolitik. Beberapa artefak penting termasuk empat langka Jadeite axeheads diimpor dari Pegunungan Alpen dari Neolitik Italia, dan upacara unik macehead ditemukan di makam Knowth.

Pameran kemudian mencakup pengenalan metalurgi ke Irlandia sekitar 2500 SM, dengan peralatan tembaga awal. Dari periode Zaman Perunggu kemudian ada serangkaian kapak perunggu, belati, pedang, perisai, kuali, dan tanduk perunggu cor yang mengesankan (alat musik Irlandia paling awal yang diketahui). Ada beberapa senjata Besi yang sangat awal. Benda-benda kayu termasuk perahu kayu galian besar, roda kayu dan kuali dan peralatan memancing buluh kuno.

Bog bodies

NMI berisi banyak Bog bodies Irlandia yang terpelihara dengan baik, ditemukan antara abad ke-19 dan sekarang. Sejumlah diyakini telah dikorbankan secara ritual. [Eamonn P. Kelly|Eamonn Kelly] (mantan Penjaga Barang Antik Irlandia) mengembangkan teori bahwa Bog bodies adalah raja suku yang dikorbankan oleh masyarakat, setelah gagal dalam kerajaan mereka, di genangan air di titik batas wilayah adat. Beberapa tampaknya menunjukkan bukti dari apa yang disebut praktik kematian rangkap tiga.

Bog bodies dalam koleksi adalah Manusia Gallagh (470-120 SM), Manusia Barat Baronstown (242 hingga 388 SM), Manusia Clonycavan(392 hingga 201 SM), dan Manusia Croghan Tua (362 hingga 175 SM). Di samping tubuh adalah contoh budaya material dari periode Zaman Besi Celtic di mana mereka tinggal. Ini termasuk senjata logam dan perangkap kuda serta potongan kayu dan kulit.

Mahkota Petrie (dinamai untuk George Petrie) adalah bagian dari hiasan kepala berstatus tinggi yang dibuat dengan gaya artistik La Tne. Bagian ini juga berisi Ralaghan Man, sosok kayu berukir yang diyakini sebagai penanda batas dan contoh mentega rawa, yaitu mentega kuno yang diawetkan di rawa dalam wadah seperti ember kayu. Museum ini juga memiliki beberapa Bog bodies lain yang saat ini tidak dipajang, seperti Cashel Man (ditemukan 2011, bertanggal ~ 2000 SM), yang diyakini sebagai Bog bodies berdaging tertua yang ditemukan di Eropa.

Artefak Celtic

– The Gleninsheen gorget, c. 800-700 SM
– Kalung emas ( 800-700 SM) dari Tonyhill di Co Limerick (kiri) dan Co Clare (kanan)
– Pengikat Gaun Emas ditemukan di kotak kayu di Killymoom Demesne di Co Tyrone (800-700 SM)

Pertengahan

Area pusat museum berisi salah satu koleksi benda emas Zaman Perunggu terbaik di Eropa. Kerajinan emas berkisar antara 2200 SM dan 500 SM, sebagian besar mungkin perhiasan, tetapi dengan banyak benda yang tidak diketahui fungsinya (mungkin ritual). Pada awal Zaman Perunggu kebanyakan artefak dibuat dari lembaran emas dan termasuk sundisc dan kerah berbentuk bulan sabit yang disebut lunulae.

Di tengah Zaman Perunggu, teknik pengerjaan emas baru dikembangkan; mulai sekitar 1200 SM berbagai macam obor dihasilkan dari puntir batangan emas. Barang-barang dari Zaman Perunggu akhir, mulai tahun 900 SM, termasuk gelang emas murni dan pengencang pakaian serta kerah emas lembaran besar, gulungan telingadan kalung bola emas berongga.

Ruang Bendahara museum memamerkan contoh karya logam Celtic dan logam Irlandia Kristen abad pertengahan awal, seperti Ardagh Chalice, Tara Bros, Broighter Gold, Derrynaflan Hoard dan Cross of Cong. Terdiri dari tiga galeri utama. Galeri Satu berisi karya seni dari Zaman Besi hingga abad kedua belas M, dengan pajangan yang disusun secara kronologis. Galeri Dua berisi Faddan More Mazmur (c. 800 AD) ditemukan di rawa pada Juli 2006, di kota kecil Faddan More di utara County Tipperary. Galeri Tiga dikhususkan untuk pengerjaan logam Irlandia.

Bros, piala, crosier

– Bros Tara, c. 710-750 M
– Derrynaflan Chalice, abad ke-8 atau ke-9
– Bros Roscrea, abad ke-9
– Kapak Sungai Bann, abad ke-14 atau -15

Kuil

Hanya delapan cumdachs atau tempat suci buku (kotak atau kotak relik logam berornamen rumit yang digunakan untuk menyimpan manuskrip atau relik Irlandia Abad Pertengahan Awal), dengan mayoritas dalam koleksi NMI.

Baca juga : Boston Fire Museum

Mereka biasanya lebih lambat dari buku abad pertengahan awal yang mereka buat untuk memuat, seringkali beberapa abad, dalam sebagian besar contoh yang masih hidup buku tersebut berasal dari usia puncak monastisisme Irlandia sebelum 800, dan cumdach yang masih ada berasal dari setelah 1000, meskipun jelas tanggal formulir dari jauh lebih awal. Contoh paling terkenal dari jenis ini adalah Soiscél Molaisse abad ke-11, Cathach of St. Columba dan Shrine of Miosach cumdachs, dan abad ke-14Domnach Airgid.

– Panel dari Domnach Airgid, abad ke-8 cumdach
– Wajah utama Soiscél Molaisse, abad ke-11
– Kuil Miosach, abad ke-11
– Kuil Lengan Saint Lachtin, c. 1118–1121