Welcome

Museum Eye : Sejarah Perang Irlandia

Museum Eye : Sejarah Perang Irlandia – Ini adalah pameran ambisius yang berusaha untuk menyajikan sejarah perang Irlandia dari tahun 1550. Terletak di Collins Barracks, di mana ia menempati ruang seluas 1.700 meter persegi. Berbagai aspek warisan militer kami terwakili, dari tentara asli dan Wild Geese hingga layanan di bawah bendera Inggris.

Museum Eye : Sejarah Perang Irlandia

irishsoldier – Pintu masuk dijaga oleh panel kaca yang di atasnya terdapat ukiran tentara Irlandia dari berbagai tahun dalam sejarah, masing-masing dengan suara yang menceritakan sesuatu dari kisahnya (ada satu sosok wanita), seperti pergi untuk melawan Napoleon atau membela netralitas Irlandia. selama Perang Dunia Kedua.

Baca juga : Musium Collins Barracks Dublin Irlandia

Melansir historyireland, Galeri pertama menggambarkan ‘The British Garrison in Ireland’. Semua galeri disajikan dengan cara yang sama. Di samping lemari yang penuh dengan artefak—seragam, senjata, barang pribadi, dan sebagainya—ada panel informasi, layar sentuh interaktif, boneka, dan model. Panel utama di sini memberi tahu kita bahwa ada garnisun di Irlandia selama 500 tahun dan ‘di sini terutama untuk menekan pemberontakan’. Semua aspek garnisun, mulai dari benteng dan barak hingga kehidupan olahraga dan sosialnya, terwakili.

Subbagian menunjukkan bagaimana tentara bercampur dengan penduduk setempat dan bagaimana beberapa menikah dan menetap di sini. Kami juga belajar betapa pentingnya garnisun bagi perekonomian. Ini menyediakan lapangan kerja dan mendukung bisnis, karena tentara harus dipasok dengan makanan, pakaian, perabotan dan layanan, termasuk prostitusi.

Inti dari galeri ini adalah Permadani Stephen Stokes, yang mencatat peristiwa-peristiwa besar dalam hidupnya yang panjang sebagai seorang prajurit. Permadani itu cukup menjadi bahan pembicaraan pada zamannya, dan bahkan diperlihatkan kepada Ratu Victoria. Layar sentuh pasti akan menarik bagi pengunjung yang lebih muda karena Anda dapat membuatnya ‘hidup’ lengkap dengan efek suara.

Galeri berikutnya membahas peperangan di abad ketujuh belas dan kedelapan belas. Manikin di sini yang mewakili tentara dari berbagai perang sangat bagus, dan meriam seberat 12 pon dari tahun 1798 sangat mengesankan. Di samping item yang dipajang, panel menjelaskan setiap konflik dan hasilnya. Saya harus mengatakan, bagaimanapun, bahwa ada lebih banyak kekalahan Irlandia di Kinsale pada 1601 daripada kurangnya sanggurdi, seperti yang dinyatakan oleh satu panel. Menarik juga, bahwa salah satu panel berspekulasi tentang ‘Bagaimana jika?’ (‘Ceard faoi?’) dari perang ini.

Kamar lain memeriksa orang Irlandia di tentara asing. Kami memiliki kisah Wild Angsa dan tentara Irlandia dalam Perang Saudara Amerika, tetapi juga tentang para prajurit dan pelaut yang bertugas di Amerika Latin, Rusia, dan di tempat lain. Di tempat yang berbeda Anda dapat menekan tombol dan mendengar kisah kontemporer dari beberapa peristiwa, seperti eksekusi orang Irlandia yang berjuang untuk Meksiko. Inti di sini adalah video yang memberikan kisah yang menarik dan menggugah dari Pertempuran Fontenoy.

Galeri berikut berkonsentrasi pada Irlandia, ribuan, yang bertugas di Angkatan Darat Inggris pada abad kesembilan belas. Peran kunci resimen ini adalah mempertahankan Kerajaan Inggris, dan ini tercermin dalam beberapa item, seperti senapan Afghanistan dan gong Burma. Musuh ‘Imperial Irlandia’ diwakili oleh Brigade Irlandia, yang berjuang untuk Boer. Tampilan paling populer, bagaimanapun, adalah jangkauan senjata. Di sini Anda dapat mengangkat senapan Brown Bess, Martini Henry atau Lee Enfield, dan seorang sersan bor muncul di layar untuk memberi tahu Anda cara menggunakannya. Anak laki-laki dari segala usia (termasuk saya!) berbaris untuk mencobanya.

Berikutnya adalah bagian tentang Perang Dunia Pertama. Untuk sampai ke sana Anda harus menyeberang di atas galeri lain, yang memberi Anda kesempatan untuk melihat dari dekat jet tempur Vampir. Suasana semakin muram di galeri Perang Dunia I, di mana dahsyatnya konflik dan hilangnya nyawa harus ditanggung. Pajangan di pertempuran utama, seperti Somme atau Gallipoli, dan kasing dengan seragam dan peralatan berdiri di samping yang lain memegang kenang-kenangan pribadi seperti kotak rokok atau foto kekasih.

Ruangan terbelah di sini, dan begitu juga pendapat tentangnya, saat pengunjung melangkah ke bagian yang dikhususkan untuk Kebangkitan Paskah 1916. Inilah sebagian besar dari apa yang ada di pameran tahun 1916 di Kildare Street, tetapi telah ditambahkan dan ditampilkan dengan lebih baik. Kami mendapatkan gambaran tentang apa itu Kebangkitan dan orang-orang yang terlibat. Salah satu item yang pedih adalah kaus bernoda darah yang dikenakan oleh James Connolly.

Dari sini Anda melanjutkan ke bagian ‘Perang Irlandia’, yaitu Perang Kemerdekaan dan Perang Saudara. Ini adalah pameran luar biasa yang benar-benar memunculkan suasana perang jalanan di Dublin saat pasukan Collins dan agen Kastil Dublin bertarung habis-habisan. Penggunaan yang baik dibuat dari newsreel dan artefak kontemporer untuk menghidupkan periode ini, dan Perang Saudara. Namun, sedikit atau tidak disebutkan sama sekali tentang Pemisahan dan pertempuran di Irlandia Utara saat ini.

Bagian akhir dari pameran membawa kita ke pelayanan masa kini dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Layar sentuh membangkitkan tentara pada periode yang berbeda, terutama selama Perang Dunia II. Sangat menarik untuk dicatat bahwa newsreel Irlandia pada waktu itu, dan mungkin semua orang lain, mengacu pada ‘perang dunia’ dan bukan ‘Darurat’, seperti yang diyakini oleh beberapa sejarawan.

Kita diingatkan bahwa kemegahan pernah menjadi ciri pasukan pertahanan dalam jas perwira dan seragam Blue Hussars. Ada berbagai macam peralatan dan kendaraan yang dipamerkan, tapi jangan lupa untuk melihat ke atas untuk melihat pesawat dari bawah kali ini. Namun, itu juga memiliki sisi serius, terutama ketika harga pemeliharaan perdamaian dipertimbangkan, sebagaimana tercermin dalam tampilan kecil namun menggugah di Kongo.

Baca juga : Museum Collins Barracks Dublin Irlandia

Saya sangat terkesan dengan pameran ini dan tidak ragu untuk merekomendasikannya. Saya memiliki satu atau dua pertengkaran kecil, seperti beberapa pelabelan yang ceroboh. saya punya satu perhatian serius pengecualian Irlandia Utara. Dengan standar apapun, Irlandia Utara dan konfliknya harus dimasukkan dalam pameran ‘Irlandia berperang’ ini. Saya pikir itu pertanyaan yang sah untuk bertanya mengapa itu dikecualikan.