Welcome

Museum Crumlin Road Gaol

Museum Crumlin Road Gaol – Untuk bangunan yang tua dengan masa lalu yang suram, Crumlin Road Gaol menghadirkan wajah yang ceria kepada dunia. Selain memiliki kafe dan restoran, tempat ini juga menjadi tuan rumah bagi pesta dansa besar dan konser oleh band-band seperti Garth Brooks dan Abba. Sekarang menjadi salah satu atraksi wisata utama Belfast.

Museum Crumlin Road Gaol

irishsoldier – Kami benar-benar memulai tur , Saat kami menyusuri terowongan yang menghubungkan penjara dengan gedung pengadilan Crumlin Road yang sekarang sudah terbengkalai. Terowongan itu dibangun untuk memungkinkan jalan yang aman bagi para tahanan dan merupakan salah satu bagian penjara yang paling suram.

Melansir historyireland, Selanjutnya kami dibawa ke area resepsionis, di mana pemandu kami, Harry, dengan riang meminta kami untuk mengosongkan kantong kami ke dalam karung bernomor yang disediakan sebelum melangkah ke salah satu bilik untuk membuka pakaian.

Baca juga : Museum Belfast Exposed di Irlandia

Harry menjelaskan bahwa, dari tahun 1846 hingga penutupannya pada tahun 1996, itulah yang harus dilakukan oleh semua tahanan yang masuk sebelum diperiksa secara medis, dan mengenakan seragam.

Saat kami melewati gedung, melihat kantor gubernur, lencana penerbang, sel, dan sebagainya, Harry memberi tahu kami tentang sejarah penjara dan sistem penjara pada umumnya. Crumlin adalah penjara pertama di Irlandia yang menggunakan sistem ‘keheningan dan pemisahan’, di mana hanya ada satu tahanan per sel dan, dengan aturan keheningan, para tahanan berkerudung saat berada di luar sel mereka.

Rezim yang lebih ‘manusiawi’ kemudian diperkenalkan ketika terlihat bahwa sistem ini tidak melakukan apapun untuk mereformasi narapidana. Namun demikian, rezim terus melibatkan kerja keras dan hukuman fisik dalam berbagai jenis, yang terburuk adalah dicambuk dengan cat-o’-sembilan-ekor, cambuk yang sangat kejam. Tidak hanya laki-laki tetapi juga anak laki-laki menjadi sasaran cambuk, meskipun dalam kasus terakhir dengan pohon birch.

Selain itu, Harry menjelaskan bagaimana sejumlah frasa yang masih digunakan sehari-hari berasal dari penjara. ‘Apakah kucing itu mendapatkan lidahmu?’ adalah ejekan bagi mereka yang baru saja dicambuk dan tidak dalam posisi untuk berbicara. ‘Berkarpet’ biasanya mendahului cat-o’-sembilan-ekor, karena kantor gubernur adalah satu-satunya ruangan dengan karpet dan dia memutuskan hukuman bagi tahanan yang melanggar aturan. Dan ‘menjadi untuk jangka panjang’ berarti dijatuhi hukuman gantung.

Bagian yang paling mengerikan dari kunjungan itu adalah pada jam-jam terakhir seorang terhukum. Semuanya tampak familier, seperti yang telah kita semua lihat di film, tetapi berada di sel yang sebenarnya di mana orang sungguhan menghabiskan hari-hari terakhirnya memang membuat Anda merinding. Ini adalah satu-satunya sel yang en suite tetapi bahkan itu curang, karena kamar mandi berisi pintu rahasia yang menuju ke ruang eksekusi. Bagian dari tur ini bukan untuk yang lemah hati: orang tua disarankan untuk berpikir dua kali untuk membawa anak-anak mereka ke sini.

Humor tiang gantungan tidak ada saat Harry menjelaskan bagaimana seorang pria digantung. Itu benar-benar mengejutkan ketika Anda menyadari bahwa ini adalah tiang gantungan, pintu jebakan, dan tali yang sebenarnya telah digunakan untuk mengeksekusi empat belas orang (tiga yang pertama dieksekusi di Crumlin Road digantung di depan umum).Dibawa ke bawah ke tempat mayat itu jatuh dan dibiarkan mati adalah pengalaman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Itu melegakan untuk dibawa keluar, bahkan jika itu ke tempat di mana orang yang dieksekusi dimakamkan di kuburan tak bertanda.

Tentu saja, kita tidak bisa mengabaikan sejarah yang lebih baru dalam bentuk Masalah. Loyalis dan Partai Republik ditahan di penjara, membengkakkan jumlahnya melebihi apa yang dirancang untuk diakomodasi. Untuk ketegangan ini ditambahkan kampanye untuk status politik dan pertikaian antara kelompok paramiliter. Crumlin Road menahan beberapa tahanan ‘selebriti’, seperti Ian Paisley, yang akan menjadi Menteri Pertama Irlandia Utara, dan Gerry Adams, presiden Sinn Féin. Dan tidak boleh dilupakan bahwa petugas penjara sendiri sering menjadi korban pada masa-masa ini.

Harus dikatakan bahwa komentar tentang tahun-tahun ini sangat netral. Bahkan, bila memungkinkan tidak disebutkan tentang orang-orang seperti IRA atau UVF. Insiden penting, seperti pelarian misalnya, terkait tanpa menyebutkan organisasi mana yang terlibat. Kebanyakan orang dalam tur dengan saya adalah penduduk setempat dan dapat membaca yang tersirat, tetapi orang luar mungkin tidak tahu apa-apa.

Baca juga : Orlando Fire Museum di Orlando, Florida

Penjara Jalan Crumlin tidak unik dalam menjadi objek wisata atau memiliki masa lalu yang suram. Perbedaannya adalah bahwa beberapa dari masa lalunya adalah kenangan hidup daripada sejarah, dan ini menambah semangat kunjungan. Saya akan merekomendasikan tur kepada siapa pun; Saya bahkan akan merekomendasikan melakukan perjalanan ke Belfast untuk itu. Penjara telah terpelihara dengan baik dan ada pameran di seluruh, menambahkan dimensi lain. Jika Harry adalah sesuatu untuk dilalui, pemandu tahu barang-barang mereka dan bagaimana menyampaikannya dengan campuran keseriusan dan humor yang tepat.