Welcome
Mengenal Museum Sejarah Islam Terbesar di Dunia

Mengenal Museum Sejarah Islam Terbesar di Dunia

Islam merupakan salah satu agama yang banyak dipeluk oleh masyarakat dunia. Dengan banyaknya peminat akan agama tersebut, ada banyak pihak yang merasa tertarik untuk mengetahui sejarah perkembangan agama Islam. Karena telah ada sebelum kita lahir, museum sejarah Islam menjadi salah satu sumber informasi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui sejarah perkembangan agama Islam. Prophet Mohammad Museum merupakan salah satu nama museum yang terletak di Amman. Museum yang megah dan besar ini berisikan peninggalan barang-barang milik Rasulullah. Tidak hanya rambut dan janggut Rasulullah, kita juga dapat menemukan sebuah surat yang ditujukan kepada kaisar Byzantium. Di dalam surat tersebut berisikan ajakan Rasul kepadanya agar memeluk agama Islam. Di sepanjang museum, kita dapat menemukan jajaran pohon yang biasanya tumbuh di gurun pasir Badia.

Museum sejarah Islam lainnya yang terbesar dan termegah di dunia adalah Aga Khan Museum. Museum yang memberikan informasi akan seni Iran dan seni Islam ini berlokasi di Toronto, Kanada. Jika kita mempelajari dengan baik akan keberadaan museum ini, kita dapat menemukan warisan Islam dan koleksi seni yang telah dikumpulkan berdasarkan periode sejarah Islam. Semua benda-benda sejarah yang berada di dalam museum merupakan benda pribadi milik raja Aga Khan, putri dan pangeran Aga Khan. Tidak hanya itu, Aga Khan Museum juga menyimpan Al Quran Biru dan Qanun fi’Tibb Avicenna yang merupakan seorang ahli pengobatan. Pengetahuan kita akan Islam dan sejarahnya akan semakin meningkat dengan informasi yang dihadirkan oleh museum yang berada di Kanada ini.

Apabila kita ingin mendapatkan informasi lengkap seputar peradaban Islam dan sejarahnya, Museum of Islaminc Art menjadi tempat yang tepat untuk didatangi. Museum yang berdiri tegak di Mesir ini menyimpan banyak artefak yang bernilai. Menurut catatan yang dimiliki oleh museum, ada sekitar 100.000 artefak yang tersimpan di dalam museum. Artefak-artefak tersebut mengandung informasi yang berkaitan dengan sejarah Islam. Koleksi lainnya yang dapat kita temukan di dalam museum adalah logam, keramik, Al Quran dan pajangan tekstil. Guna menambah wawasan seputar museum sejarah Islam terbesar di dunia lainnya, kita sebaiknya mengenal Pergamon Museum. Museum tersebut berada di kota Berlin dan telah dibangun sejak tahun 1910 lalu. Pergamon Museum dibagi menjadi 2 bagian, yakni museum seni Islam dan museum Timur Tengah. Setiap tahunnya, museum telah didatangi oleh lebih dari 1 juta pengunjung. Jumlah pengunjung inilah yang menjadikannya menjadi museum Jerman yang paling banyak dikunjungi. Harta paling bernilai yang ada di dalam museum adalah fasad Mshatta.

Louvre Abu Dhabi tak kalah megahnya dengan museum-museum yang telah dijelaskan sebelumnya. Tidak hanya megah, bangunan museum terlihat sangat menakjubkan. Karena megahnya arsitekstur bangunan, museum yang berada di Abu Dhabi ini dikenal sebagai galaksi Arab. Bagian eksterior museum. tampilan layaknya piring terbang dapat kita temukan. Dengan gaya bangunan inilah, museum menampilkan gaya bangunan modern dan kuno. Patung plester yang merupakan sains Islam dapat ditemukan di dalam museum. Astolab kuningan menjadi koleksi museum lainnya yang berasal dari abad ke-18. Astrolab tersebut merupakan peninggalan seorang penjajah Maroko yang bernama Muhammad Ibn Ahmad Al Battuti. Sejarah Islam lainnya dapat kita temukan melalui Musee du Louvre. Museum yang berada di Paris ini mengoleksi mangkuk logam hias yang berasal dari bangsa Suriah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!